Rabu, 02 Februari 2011

TIPS SUKSES MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI

Dalam masyarakat kita, ada orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tapi ada juga sebaliknya. Banyak orang yang tidak terlalu mementingkan rasa percaya diri, karena tidak mengetahui betapa pentingnya arti dari sebuah rasa percaya diri.Pada dasarnya, percaya diri merupakan faktor penting yang menimbulkan perbedaan besar antara sukses dan gagal. Sebagian pakar menilai bahwa untuk mencapai sukses, kematangan pribadi seseorang sangat dibutuhkan karena kematangan pribadi akan mengantarkan seseorang pada sikap optimis dan kesadaran bahwa apa yang di cita-citakannya akan mudah diraih.

Berikut adalah tips yang dapat digunakan untuk membangun rasa percaya diri :

Berani menerima tanggung jawab


Gerald Kushel, Ed.D., direktur The Institute of Effective Thinking, pernah mengadakan penelitian kepada sejumlah manager. Dari penelitian tersebut, Kushel menyimpulkan bahwa ia menemukan sifat terpenting yang dimiliki oleh hampir semua manager yang memiliki kinerja tinggi. Sifat tersebut adalah rasa tanggung jawab yang mendorong mereka untuk tampil “sempurna” tanpa peduli hambatan yang menghadangnya.

Kembangkan Nilai Positif

Jalan menuju kepercayaan diri akan semakin cepat manakala kita mengembangkan nilai-nilai positif pada diri sendiri. Menurut psikolog Robert Anthony PhD., salah satu cara untuk mengembangkan nilai-nilai positif adalah dengan menghilangkan ungkapan-ungkapan yang mematikan dan menggantinya dengan ungkapan-ungkapan kreatif. Contohnya adalah dengan mengganti kata”saya tidak bisa” menjadi kata “Saya bisa!”.

Bacalah Potensi diri


Segeralah lacak, gali dan eksplorasi potensi sukses pada diri kita. Misalnya saja dengan bertanya kepada orang-orang terdekat, mengikuti psikotes dan mendatangi para ahli psikiater, dokter bahkan untuk melacak potensi kita.

Berani Mengambil Resiko


Keberanian dalam menanggung resiko ini penting, sebab daripada menyerah pada rasa takut alangkah lebih baiknya belajar mengambil resiko yang masuk akal. Cobalah menerima tantangan meskipun terasa menakutkan atau menciutkan hati. Cari dukungan sebanyak mungkin. Dengan melakukan hal ini, kita akan mendapat banyak peluang yang tak ternilai harganya.

Tolaklah Saran Negatif

Bisa terjadi, tidak semua orang di sekitar kita memberikan dorongan, dukungan dan bersikap positif pada kita. Sebagian dari orang yang ada di sekitar kita memungkinkan berpikiran negative. Hal inilah yang tak jarang melunturkan rasa percaya diri kita dengan mempertanyakan kemampuan, pengalaman dan aspirasi-aspirasi kita. Dengan demikian, mungkin ada baiknya jika kita sedikit mengambil jarak dengan sebijak mungkin bila ada pihak-pihak yang mencoba melunturkan kepercayaan diri kita.

Ikuti Saran Positif

Rasa percaya diri merupakan sifat menular. Artinya, jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara pandang positif, bersemangat dan optimis maka kita memiliki kecenderungan untuk meniru sifat tersebut. Karena itu, carilah lingkungan yang bisa memotivasi kita untuk sukses.

Jadikan keresahan sebagai kawan

Banyak peristiwa atau saat-saat dalam kehidupan yang dapat membuat kita mengalami rasa cemas dan gelisah. Akibatnya, kita mengalami rasa krisis percaya diri. Saat itulah, kita harus mulai mengingatkan diri sendiri bahwa rasa cemas dan gelisah merupakan kawan. Tingkatkan energy, tajamkan kecerdasan, tingkatkan kewaspadaan, dan kembangkan panca indera. Daripada menyia-nyiakan energy untuk kecemasan yang sia-sia, lebih baik menghadapi tantangan itu secara tegas dan efektif.

Demikianlah tips-tips yang dapat digunakan untuk membangkitkan rasa percaya diri. Apabila dilakukan, semoga rasa percaya diri kita akan semakin meningkat, sehingga kesuksesan akan menjadi bagian dari hidup kita.

Semoga bermanfaat ya teman......!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar